Tips foto produk : Bisnis online udah terbuka buat siapa aja. Mungkin setiap orang sekarang punya bisnis online bahkan dari anak SD juga udah mulai jualan online. Ini sih emang dengan dunia digital kaya sekarang, semuanya bisa jadi entrepreneur. Alternatif yang ditawarkan cukup beragam dan semakin mudahnya mengelola online shop dengan hadirnya marketplace yang memudahkan orang untuk berjualan.

tips foto produk

Kamu jualan online juga? Ketika Marketplace itu toko kamu maka apa yang akan dipajang di etalase kamu? yup, betul FOTO . Foto kamu harus menarik dan kece agar menarik pengunjung kamu untuk melihat lebih jauh detil dan deskripsinya, dengan begitu kesempatan closing akan lebih besar juga kan. Foto yang bagus gak selalu harus menggunakan jasa fotografer profesional, kamu bisa kerjakan sendiri dirumah dengan sedikit tips dan triknya. Kunci foto yang menarik adalah cahaya dan styling, kamu-pun bisa gunakan smartphone jika belum memiliki kamera yang lebih baik, jangan ragu untuk mencoba. Pastikan ada cahaya buat pemotretan cukup, cobalah mulai bikin foto produk kamu sendiri, ini 5 tips dari saya:

1. Tentukan Konsep Pemotretan

Sebelum pemotretan kamu harus tau tujuan pemotretan ini apa dan penempatanya dimana, ini menentukan konsep foto. Kebutuhan foto di media sosial misal Instagram akan berbeda dengan kebutuhan foto di marketplace. Maka dapat kamu tentukan kebutuhan dan konsepnya, mulai dari background yang sesuai, elemen/props tambahan hingga model jika diperlukan.

jasa foto produk

Udah tau kan kebutuhanya untuk apa dan penempatanya dimana. Dengan persiapan ini kamu sangat menghemat waktu gak usah foto ber-ulang ulang karena konsep yang gak sesuai.

2. Perlihatkan Detail

jasa foto produk

Foto itu cinta pada pandangan pertama calon pembeli kamu, maka sebisa mungkin tampilkan bagian atau detail-detail yang penting yang menunjukan produk kamu memiliki kelebihan. Pembeli sangat suka sama detail yang menunjukan bagian-bagian lain, semakin banyak informasi yang dilihat calon pembeli itu kamu semakin baik, sehingga semakin meyakinkan calon pembeli kamu. Lebih dekat lagi ke closing kan.

3. Properti

Bikin produkmu lebih manis dan menarik dengan properti tambahan, tapi jangan berlebihan juga karena akan bikin calon pembeli gagal fokus. Coba gunakan properti yang ada dirumah kamu tanpa harus membeli, siapa tau barang itu bisa bikin tambah kece foto produk kamu.

jasa foto produk

Dengan sedikit styling produk kamu akan terlihat lebih kece, mulailah letakan di siketar produk kamu, coba dengan berbagai posisi dan sudut, tanpa disadari kamu akan mendapatkan foto yang Wow.

4. Less Is More

Setelah ngumpulin banyak properti ingat! jangan kamu pasang semua itu ya cari yang sederhana/simpel yang sekiranya akan membuat produk kamu lebih menonjol. Jangan membuat pembeli kita terdistraksi atau gagal fokus, nanti malah ada yang nanya ” sis, bunganya cantik banget .. brapaan” padahal kamu lagi jualan sepatu atau kerudung misalnya.

Properti banyak, tapi gunakanlah seperlunya saja, keep it simple because less is more.

5. Punya Ciri Khas

Apa yang bikin orang pengen beli di kamu dan balik lagi untuk beli? karena mudah diingat dan beda.

Simple branding bisa dimulai dengan menyamakan props di semua foto produk, misalnya kamu punya icon yang kamu banget dan bisa disertakan di produk kamu. Jadiin itu signature kamu dan ada di setiap foto produk kamu, sampai akhirnya orang bakal inget deh sama brand kamu begitu liat foto tersebut.
Well, teknik itu juga biasanya dipake brand besar yang pake model dengan masa kontrak panjang, jadi pemirsanya ketika liat artis A ke brand A begitupun sebaliknya.

jasa foto produk

So find your own signature guys!

Memotret produk bukan hal yang mudah tentunya, tapi bukan juga hal yang sulit dilakukan. All you can do is keep practice, ketika kamu sering motret produk kamu sendiri, itu bakal bikin kamu lebih PD menggunakan fotonya. Ingatlah styling produk kamu sebelum sebelum pemotretan, jangan pernah foto apa adanya, ketika kamu bisa maksimalin itu.
Soal alatnya, tenang aja. Kamera handphone kamu udah pada canggih dan memiliki kualitas foto yang mumpuni, tinggal pinter-pinternya kamu nih berkreasi.

Kamu yang reseller juga jangan ketinggalan, barangnya sih boleh sama tapi cara pandang kita terhadap barang tersebut jangan disamain. Inget apa alasan mereka harus beli ke kamu ? Karena kamu beda, yes karena kamu istimewa. Reflect it !

Selamat mencoba ya !






Baca juga:

  1. Foto Makanan tanpa Flash
  2. Pengen Foto Produk Menarik?