Cara Foto Produk Agar Menarik

Foto Produk yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah toko online. Dari beberapa toko online yang sering dikunjungi sudah dapat dipastikan bahwa fotonya bagus dan menarik. Jika foto produk yang kamu pajang di toko online itu original dan bagus maka banyak pembeli dan pengunjung yang akan tertarik untuk membeli produk anda minimal akan tertarik untuk melihat lebih lanjut. Hal ini penting karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang suka sesuatu dari tampilan fisik daripada deskripsi yang panjang. Salah satunya dengan foto produk yang baik, karena ini adalah ujung tombak dan etalase online kamu.

Banyak penjual online yang memasang foto dengan seadanya alakadar dan sering foto kurang fokus / blur atau gelap. Sebenarnya bagaimana sih cara mengambil foto produk yang baik dan menarik itu ? Berikut ini akan kami bagi 10 tips cara foto produk yang menarik untuk toko online dan pastinya mudah untuk kamu praktekkan pada produk kamu.

Baca juga : WORKSHOP FASHION PHOTOGRAPHY 

1. Gak harus DSLR, Smartphone juga OK

foto produk bandung

Cara foto produk dengan kamera hp bisa sebaik DSLR ? tentu bisa. Jika memiliki dana lebih memang lebih baik menggunakan DSLR, ini sangat berguna jika kamu akan membuat versi cetak dengan ukuran besar. Tetapi buat kamu yang masih merintis berjualan Online, tidak usah dulu untuk membeli kamera. Kamera HP/smartphone sekarang memiliki kualitas dan resolusi kameranya sudah semakin baik yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto produk dengan teknik pengambilan fotonya benar dan tidak asal-asalan. Yuk cek pon berikutnya.



2. Cahaya Yang Cukup

foto produk bandung

Kunci dari foto itu adalah Cahaya, karena dari sisi bahasa Foto itu berarti cahaya. Untuk kamu yang ingin mengambil foto outdoor pastikan usahakan jangan dibawah langsung cahaya matahari, carilah area bayangan. Waktu terbaik foto outdoor adalah sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 3 sore. Apabila kamu ingin mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk tetap mencari sumber cahaya matahari, misal dekat jendela atau pintu. Namun jika masih gelap, kamu bisa menggunakan lampu tambahan seperti lampu LED atau Lampu Pijar.

3. Bikin Lightbox, Gak Perlu Sewa Studio

foto produk bandung

Merintis bisnis online pasti akan menjadi beban ketika hanya untuk foto produk saja harus sewa lightning studio hingga studio foto. Lebih murah dan mudah buat studio set sendiri. Cukup sediakan lampu pijar/LED, Kardus/ Container box, karton putih, dan perlengkapan sederhana lainnya tanpa biyaya mahal tapi bisa menghasilkan foto produk yang baik.

Kalau kamu gak mau repot ato punya tabungan sedikit kamu bisa membeli lightbox yang sekarang sudah banyak dijual di marketplace. Harganya juga murah jika dibandingkan dengan harus beberapa kali sewa studio foto untuk beberapa foto yang menarik buat calon pembeli.

Baca juga : Cara Membuat Lightbox Sederhana

4. Perhatikan Pengaturan Cahaya

foto produk bandung

Saat akan mengambil sebuah foto, perhatikan dua pengaturan yang ada di kamera/ smartphone yaitu brightness dan contrast. Pengaturan ini harus seimbang agar produk yang kamu foto terlihat lebih baik, bagus dan menarik. Brightness adalah gambaran di mana sumber muncul untuk memancarkan atau memantulkan cahaya. Dan contrast adalah perbedaan warna atau pencahayaan yang membuat sebuah objek semakin dapat dibedakan.

Keduanya, brightness dan contrast itu saling berhubungan satu sama lain. Jika kamu mengubah contras, pasti brighness pun akan berubah. Begitupun sebaliknya. Tapi biasanya pengaturan ini dikerjakan setelah kamu mengambil foto produk dan mengeditnya di aplikasi photo editing seperti Snapseed atau Adobe Photoshop.

5. Foto Utama Gunakan Latar Putih

foto produk bandung

Jangan selalu ingin rame dengan background atau properti ada quotes “Less is More” sederhana itu baik. Dengan background foto yang ramai dan banyak hiasan, maka akan membuat foto produk kamu akan terdistraksi, bahkan hanya akan membuat calon pembeli gagal fokus pada produk utama yang kamu jual. Yang ada, mereka berfikir kamu menjual hiasan atau properti pendukung foto tersebut.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan background foto yang polos dan netral seperti putih. Jika ingin menggunakan properti pendukung, gunakanlah seperlunya. Sehingga, saat calon pembeli melihat foto produk yang terpajang di etalase toko online-mu akan langsung fokus pada produk yang kamu jual, bukan pada properti pendukung.

Dan untuk saat ini beberapa Marketplace besar juga sudah menyarankan bahkan ada yang mewajibkan foto produk menggunakan latar polos putih.

6. Foto dari berbagai sudut

foto produk bandung

Ambilah foto produk kamu dari berbagai sudut. Karena sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan menarik ketika produk tersebut di foto dari sudut tertentu. Kamu harus terus mencoba dari berbagai sudut dengan produk yang ingin kamu foto sampai kamu menemukan sudut yang paling menarik. Ini juga berguna agar calon pembeli kta lebih mengenali produk kita dari berbagai sudut misalkan depan, samping, atas atau dalamnya.

7. Perlukah Model ?

foto produk bandung

Produk akan terlihat lebih menarik jika kamu menggunakan model yang memakai/membawa produk tersebut. Sangat membantu calon pembeli kita tanpa kita harus menjelaskan panjang lebar produk ini untuk siapa dan untuk apa dan mempermudah menjelaskan perbandingan ukuran dari produk tersebut. Fee model pro pastilah gak murah maka dari itu ajaklah saudara atau teman kamu untuk jadi model dadakan, dan model itu gak harus cantik, ganteng dan putih tetapi harus bagus dilihat ketika model menggunakan produk kita. Hindari model yg terlalu cantik/ganteng  karena itu akan membuat gagal fokus calon pembeli kita.

Bukan hanya produk fashion saja yang bisa kamu foto menggunakan model, produk elektronik atau kuliner juga bisa menggunakan model. Caranya sangat mudah. Suruh saja model yang kamu ingin foto untuk memperagakan sedang menggunakan produk tersebut. Misal, jika produk kuliner peragakan saja dia sedang makan produk kita, ambil dari berbagai sudut, boleh sendirian boleh juga rame-rame.

8. Foto Dengan Tema

foto produk bandung

Selanjutnya selain foto studio dengan latar polos kita bisa membuat foto dengan lebih bertema. Misalkan, produk baju formal kita bisa cari lokasi kantoran atau setting tema kantor bisa juga lapangan parkir dengan latar kendaraan mewah atau bisa didepan areal perkantoran. Untuk menggambarkan bahwa itu produk untuk ngantor, tanpa harus ditulis “baju untuk bekerja ke kantor”.

9. Edit Foto Sewajarnya

foto produk bandung

Cara paling mudah mempercantik foto adalah dengan meng-edit menggunakan program atau aplikasi. EditLAH foto seperlunya, cukup dengan mengatur contrast , brightness dan sedikit saturasi foto. Penggunaan efek yang berlebihan justru akan membuat foto produk kamu terlihat “palsu” dan akan mengakibatkan komplain dan kekecewaan dari pembeli karena fotonya terlihat berbeda antara foto dan setelah produk diterima .

10. Watermark

foto produk bandung

Sakit hati? ketika kita sudah mengeluarkan energi dan biaya untuk foto produk ternyata foto kamu dipakai oleh penjual online lain tanpa ijin? Bahkan lebih parah lagi ketika yang dipajang adalah foto dan merk kamu dengan harga dan dengan kualitas dibawah. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, jangan lupa untuk membubuhkan watermark pada semua foto produk kamu. Perhatikan juga penempatan watermark. Hindari menambahkan watermark pada bagian background atau pojok foto karena watermark tersebut akan mudah dihapus dan diganti. Sebaiknya posisikan watermark di tengah produk dengan proporsional dan jangan lupa atur transparansi di 20%-30% agar produk masih terlihat jelas.

Yup, Itulah 10 cara foto produk sederhana yang bisa kamu lakukan agar foto produk kamu terlihat lebih bagus dan menarik perhatian para calon pembeli, jangan lupakan pepatah “cinta pada pandangan pertama” karena ini berlaku untuk toko online. Semoga setelah kamu kerjakan semua tips cara foto produk sederhana tersebut, produk yang kamu jual jadi semakin laris dan bertumbuh! Salam Jepret BEFOTO

Buat kamu yang rajin pasti bisa melakukan tips 10 foto produk sederhana diatas, Buat kamu yang gak mau repot juga BEFOTO siap membantu kebutuhan foto produk kamu. Kamu bisa sewa studio aja dengan booking disini atau menggunakan jasa professionals BEFOTO dengan harga yang bersahabat buat kamu yang sedang memulai bisnis online. Klik disini untuk harga foto produk.

Semangat, jangan kalah sama mak-mak jaman now !